Home Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Mengunjungi kota Kediri tidak lengkap apabila tidak mampir ke Simpang Lima Gumul Kediri. Ikon wisata kediri yang mirip dengan bangunan monumen Arc de Triomphe yang terletak di Paris, Prancis.

Kalau kita datang kesini seperti berada di paris, jadi seenggaknya mampir sejenak dan mengabadikan momen di kota Kediri.

Monumen telah menjadi ikon dari kota Kediri ini berada pada lima simpangan jalan yang menghubungkan Gurah, Wates, Pagu, Pare dan Kediri tentunya.

Di sekitaran monumen tersebut telah menjadi sentra perdagangan dan ekonomi di kediri.

Simpang Lima Gumul Kediri

Bangunan ini memiliki total anggaran sekitar Rp 300 miliar tersebut selesai di bangun pada tahun 2008, dimasa pemerintahan bupati Sutrisno. Bupati yang menjabat pada waktu itu.

Monumen yang memiliki spesifikasi ukuran tinggi 25 meter serta luas 804 meter persegi dan monumen ini di bangun di atas tanas seluas 37 hektar.

Kalau kita memperhatikan monumen yang kokoh ini kita akan menjumpai 16 buah relief yang menggambarkan dari sejarah kabupaten Kediri.

Menurut opini yang berkembang, tujuan pembuatan bangunan ini di dasari dari cita – cita Raja Jongko Joyoboyo, yang tak lain adalah penguasa yang bertujuan ingin mempersatukan lima wilayah di kabupaten kediri di abad 12.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.