Home Fakta Menarik Tentang Lawang Sewu
Fakta Menarik Tentang Lawang Sewu

Fakta Menarik Tentang Lawang Sewu

Fakta Menarik Tentang Lawang Sewu

Lawang Sewu salah satu bangunan belanda yang terletak di Semarang Jawa tengah yang bisa menjadi wisata pilihan tempat wisata di semarang.

Fakta Menarik Tentang Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan kuno di Indonesia yang di tinggalkan zaman penjajahan Belanda yang sebelumnya di gunakan sebagai kantor pusat perusaahaan kereta api semasa penjajahan Belanda di Indonesia.

Lawang Sewu di dirikan pada tahun 1907, sekarang bangunan di alih fungsikan menjadi salah satu tempat wisata popular di Semarang dan biasanya juga di jadikan tempat foto pre wedding. Selain menyimpan misteri gedung juga memiliki fakta menarik untuk kita ketahui diantaranya yaitu:

Fakta Menarik Tentang Lawang Sewu

Arsitek Dan Bahan Bangunan

Siapa sangka ternyata bahan bagunan penyusun gedung ini di datangkan dari Belanda dan arsitek Lawang Sewu adalah Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag keduanya adalah arsitek ternama.

Gedung Terangker Di Indonesia

Gedung ini memiliki nama yang cukup populer di Indonesia yang akan kesan misterinya dan sebagian orang menganggap Lawang Sewu menjadi gedung terangker di Indonesia. Dalam kesan misteri yang melekat pada gedung ini, Lawang Sewu di nobatkan sebagai gedung angker di asia tenggara setelah bangunan bekas di Hongkong.

Menjadi Penjara Yang Paling Kejam

Pada masa penjajajahan Jepang dan Belanda gedung ini sempat di jadikan penjara. Di gedung ini juga terdapat ruang penyiksaan dan ruang tahanan bagi narapidana pada masanya dan tidak sedikit pula tahanan juga meninggal di tempat tersebut.

Sumur Tua Di Lawang Sewu

Di bangunan ini juga terdapat sebuah sumur tua tepatnya di halaman gedung Lawang Sewu. Sebagian dari masyarakat sekitar pernah mendengar suara kesakitan dan jeritan di dalam sumur tua tersebut. Pada masa gedung ini sumur ini pernah di jadikan tempat pembantaian dan sumur ini tidak dibuka untuk umum serta selalu dalam keadaan terkunci.

Menjadi Saksi Bisu Perjuangan Kemerdekaan Di Semarang

Pada tahun 1945 terjadi sebuah pertempuran yakni pertempuran Lima Hari Semarang yakni berlangsung pada 14 Oktober 1945 – 19 Oktober 1945 antara Angkatan Muda Kereta Api ( AMKA ) dengan tentara Jepang ( Kidobutai ).

Itulah fakta menarik tentang Lawang Sewu yang bisa kami sampaikan dalam artikel ini. Semoga dengan adanya ulasan ini kita bisa menambah wawasan tentang bangunan bersejarah di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.