Home Tips Budidaya Ikan Koi
Tips Budidaya Ikan Koi

Tips Budidaya Ikan Koi

Tips Budidaya Ikan Koi

Ikan Koi adalah salah satu jenis ikan yang cukup banyak penggemarnya di Indonesia.

Tips Budidaya Ikan Koi

Dengan adanya cukup besar penggemarnya maka permintaan ikan koi juga besar, kita bisa memanfaatkan Budidaya Ikan Koi sebagai peluang usaha.

Ikan Koi yang meunjukkan kualitas yang baik bisa di tentukan dari pola warna dan kesesuaian warna dengan jenis ikan koi serta kesehatan dari ikan tersebut tentunya.

Cara Budidaya Ikan Koi.

Time Needed : 00 days 00 hours 00 minutes

Kali ini saya akan menjelasan cara budidaya ikan koi

  1. Pemilihan indukan ikan koi

    Tahap yang pertama ini memanglah cukup penting dikarenakan akan kualitas yang akan di hasilkan. Pilihlah indukan betina dan jantan yang sehat terlebih tidak terjangkit penyakit yang bisa menular seperti kutu, jamur, bakteri mata ikan dan lain sebagainya. Ikan Koi jantan memliki ciri tubuh yang ramping dan ikan koi betina memliki ciri perut yang buncit dan besar.

  2. Penentuan tempat ikan yang akan digunakan untuk budidaya

    A. Kolam terpal
    Kolam ini kita bisa buat dengan menggunakan terpal dan bambu untuk membuat kolam, kolam ini baik untuk meminimalkan dana dan kekurangan dari kolam ini adalah mudah bocor dan tidak tahan lama.
    B. Kolam beton
    Kola mini banyak di gunakan oleh pembudidaya ikan koi professional, kelebihan dari kola mini adalah tahan lama dan mudahnya dalam pemebersihan kolam dan kekurangannya adalah pembuatan kolam lebih membutuhkan dala lebih besar di banding kolam terpal
    C. Aquarium
    Aquarium cocok untuk budidaya berskala kecil namun cara ini jarang di pakai oleh pembudidaya ikan koi dikarenakan tempatnya terlalu sempit yang berakibat ikan menjadi stress.

  3. Pemijahan indukan ikan koi

    Kita bisa lakukan proses penjodohan kurang lebih seminggu dan setelah berjalan kurang lebih seminggu biarkan ikan koi bertelur dengan sendirinya. Lalu yang harus kita persiapkan adalah serabut kelapa dan tanaman air untuk proses penempelan telur.

    Kita juga bisa mempercepat proses pemijahan dengan cara Ikan Koi betina yang siap untuk bertelur kita bius dan mengeluarkan telur ikan denga bantuan kita dan kita juga mengeluarkan sperma Ikan Koi jantan.

    Setelah kita mengeluarkan sperma dan telur ikan koi lalu kita campurkan keduanya serta mengaduknya dengan bulu ayam secara menyeluruh. Dan tahap selanjutnya menempatkan telur di aquarium, kira – kira butuh 2-3 hari untuk telur ikan koi menetas.

2 komentar untuk “Tips Budidaya Ikan Koi”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.